Cara penting pengajuan kredit motor

Sepeda motor rasanya memang alat transportasi paling mendasar yang dipilih kebanyakan orang Indonesia.

 

Hal ini karena sepeda motor merupakan kendaraan yang paling murah dan perawatannya pun tidak memakan banyak biaya. Sehingga banyak yang memilih sepeda motor sebagai kendaraan pertama mereka. Bahkan, banyak juga yang berani menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jauh ke luar kota. Gadai BPKB motor

 

Nah, informasi kali ini pastinya penting untuk disimak bagi Anda yang berniat untuk membeli sepda motor.

Angsuran

 

Tentu saja Anda harus melihat besaran angsuran yang nantinya menjadi tanggungjawab Anda. Setelah menentukan sepeda motor yang ingin dibeli, Anda harus menghitung juga berapa uang muka atau DP yang ingin dibayar, lalu berapa angsurannya.

 

Hal ini penting sehingga Anda tahu berapa rupiah yang harus Anda keluarkan tiap bulannya selama jangka waktu yang ditentukan. Tentunya adanya angsuran ini juga akan mempengaruhi keuangan bulanan Anda.

Dealer yang terpercaya

 

Selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah dealer tempat Anda mengambil sepeda motor. Mencari dealer yang terpercaya tidak hanya berlaku untuk pembelian sepeda motor baru, melainkan juga yang bekas.

 

Ingat bahwa sepeda motor yang hendak dibeli, terutama yang bekas, bisa datang dari mana saja. Jangan sampai Anda malah membeli sepeda motor curian karena tidak hati-hati dalam memilih dealer. Lebih parah lagi, jika Anda menjadi korban penipuan karena membeli motor dari sembarang dealer tanpa memperhatikan kredibilitasnya.

 

Memilih dealer resmi dan terpercaya juga akan menghindarkan Anda dari masalah dokumen di masa mendatang. Ingat bahwa dokumen kendaraan ini bisa membantu Anda dalam pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau penjualan kembali di masa mendatang.

 

Sebagai bentuk pelayanan, dealer motor resmi juga memberikan buku garansi dan buku panduan. Bahkan ada yang memberikan helm sesuai standar keselamatan bagi pelanggannya.

 

Jadi, selalu cek kredibilitas dealer yang akan Anda pilih. Jika ragu, Anda bisa bertanya pada rekan atau mencari dealer terbaik lewat internet.

Sistem kredit dan dendanya

 

Poin ini sangatlah penting dan jangan sampai lupa untuk ditanyakan. Sehingga Anda mengetahui semua informasi dengan jelas termasuk risikonya.

 

Adapun beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai sistem kredit dan denda adalah sebagai berikut.

 

Angsuran yang harus dibayar per bulannya sesuai dengan kemampuan DP.

Tenor kredit

Biaya-biaya tambahan seperti administrasi dan lain-lain.

Dokumen apa saja yang akan Anda dapatkan.

Jenis-jenis denda atau sanksi yang berlaku.

Orang yang bisa Anda hubungi selama proses kredit berlangsung.

 

Jangan sampai menyesal di kemudian hari hanya karena lupa menanyakan sistem kredit dan denda yang berlaku.

Dapatkan dokumen resmi yang bisa dipertanggungjawabkan

 

Jika Anda bisa menemukan leasing atau pemberi kredit kendaraan serta dealer sepeda motor terpercaya, memang Anda bisa terhindar dari masalah hukum. Namun, berjaga-jaga selalu merupakan langkah tepat.

 

Saat membeli motor, Anda akan mendapatkan beberapa dokumen ini. Pastikan kelengkapannya saat Anda membeli sepeda motor, baik bekas maupun baru.

 

Form permohonan kredit

 

Karena kita sedang membahas tentang kredit motor, tentu saja Anda harus mengisi form permohonan kredit.

 

Form atau formulir ini bisa Anda dapatkan pada dealer pilihan. Walaupun ada beberapa dealer yang menyediakan layanan online, namun akan lebih baik jika Anda datang langsung ke dealer. Dengan demikian, Anda bisa menanyakan semua informasi yang dibutuhkan.

 

Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)

 

BPKB merupakan bukti bahwa kendaraan yang Anda beli bukan barang curian. Selain itu, BPKB juga akan diperlukan saat Anda ingin menjual sepeda motor nantinya. Tentu saja BPKB ini juga berfungsi sebagai lampiran untuk membuat STNK, bahkan sebagai jaminan saat mengajukan pinjaman.

 

Pastikan data dalam BPKB sama dengan spesifikasi kendaraan yang Anda beli. Perlu diingat juga, bahwa BPKB yang sah memiliki lambang Tri Brata Polri yang dicetak hologram, serta benang hologram pada halaman BPKB.

 

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

 

Adanya STNK ini penting jika Anda membeli motor bekas dari seseorang. Selain STNK, pastikan juga Anda mendapatkan lembaran pajak kendaraan.

 

Selain menyocokkan data, Anda juga perlu melihat tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan. Jika STNK atau lembaran pajak sudah kadaluarsa, maka Anda bisa menjadikan faktor ini untuk meminta penurunan harga.

 

Faktur

 

Kalau Anda membeli dari dealer motor, Anda akan mendapatkan lembaran faktur. Lembaran ini merupakan dokumen yang didapatkan pihak dealer saat menerima kendaraan dari pabrik.

 

Faktur berisikan spesifikasi kendaraan, dan nantinya digunakan sebagai referensi saat membuat BPKB untuk kendaraan baru.

 

Tidak seperti mobil, pemilikan motor tidak harus memiliki asuransi kendaraan. Sehingga membeli sepeda motor memang tidak serumit membeli mobil.

 

Namun demikian, pastikan Anda melakukan cek kendaraan dengan teliti agar tidak tertipu. Jika perlu ajak teman atau keluarga untuk membantu pengecekan.

 

Jangan lupa juga untuk menyimak cara mengurus balik nama serta pembuatan STNK baru setelah menemukan motor yang Anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *